ANALISIS JURNAL
Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah
Sosial media sejatinya merupakan alat sebagai media sosialisasi dan interaksi,serta dapat menarik perhatian orang lain untuk melha dan mengunjungi tuatan yang berisi informasi mengenai produk dan lain lain.Dengan demikian ,para pelaku UKM menjadikan social media sebagai alat media romosi andalan dengan ditopang oleh web/blog.Bahkan saat ini social media tidak hanya sekedar menjadi media promosi akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman,social media juga digunakan sebagai alat pemasaran interaktif ,pelayanan ,membangun komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan,serta sebagai alat untuk menjual dan membeli produk secara online.Oleh sebab itu ,pesatnya perkembangan dunia teknologi dan informasi di era milenial ini menjadikan internet sebagai alat komunikasi yang dinikmati oleh masyarakat.Hal inilah yang melatarbelakangi perubahan komunikasi konvensional menjadi odern dan digital,dan social media pun dapat memainkan peran komunikasi itu sendiri,karna komunikasi menurut MORISAN (2007) merupakan upaya menjadikan seluruh kegiatan pemasaran atau promosi perusahaan dapat menghasilkan citra atau image yang bersifat satu atau konsisten bagi perusahaan.Komunikasi pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada public terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan suatu produk dipasar,jika melihat bauran promosi tersebut sosial media terbukti dapat memegang peranan sebagai INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) ,sementara IMC menurut KOTLER dan AMSTRONG merupakan konsep dimana suatu perusahaan secara hati hati mengintegrasikan dan mengkoordinasikan sauran komunikasinya yang banyak untuk menyampaikan pesan yang jelas,konsisten dan meyakinkan mengenai perusahaan dan produknya.Dan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) tersebut perlu di terapkan mulai dari tataran bauran pemasaran (4P) yaitu komunikasi produk, komunikasi harga, komunikasi tempat(distribusi) dan komunikasi promosi.
2.KELEBIHAN
Social media tidak hanya menjadi alat media promosi,tetapi juga digunakan sebagai alat pemasaran interaktif,membangun komunikasi antara yang satu dengan yang lainnya.Hal ini tentu saja menjadi menarik,ditengah perkembangan zaman dapat mendorong masyarakat untuk berwirausaha dan mendorong pertumbuhan UKM.jadi wajar jika keberadaannya dijadikan sebagai media pemasaran yang paling mudah dan murah (low cast) oleh perusahaan .Jenis promosi yang dapat dilakukan si sosmed ini bersifat statis dan dinamis sehingga perusahaan dapat dengan leluasa menyebarluaskan konten promosi yang disediakan dalam bentuk aktifitas.
3.KELEMAHAN
Penggunaan social media secra tunggal dapat mengurangi kepercayaan konsumen dan calon konsumen terhadap produk dan perusahaan.Hal ini disebabkan karena banyaknya penipuan dengan menggunakan social media ,serta banyaknya penjahat dunia (HACKER) yang sering kali membobol dan mengambil alih kepemilikan akun social media dari pemiliknya.
4.SARAN
Social media sebagai IMC harus dibangun secara konsisten dimulai dari inovasi teknologi dan informasi.Oleh karena itu ,UKM harus memanfaatkan teknologi secara maksimal ,baik teknologi yang paling sederhana hingga yang mampu menghasilkan produk dengan nilai tambah tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar